Sponsor

Undang-Undang Adat Nan Ampek

5. Undang-Undang Adat Nan Ampek
Undang-undang atau ketentuan adat yang mengatur tentang eksistensi luhak dan nagari serta prinsip hidup yang harus dipedomani dalam hidup bermasyarakat sehingga tercipta keamanan dan ketertiban. disebut dengan Undang-undang Nan Ampek karena adat ini terdiri dari 4 (empat) macam yaitu :


5.1. Undang-Undang Luhak dan Rantau
Luhak adalah satu bagian dari wilayah (alam) Minangkabau yang merupakan daerah asal Minangkabau. Luhak ini terbagi atas 3 bagian, dan oleh sebab itu disebut luhak nan tigo yaitu :
Luhak tanah data, luhak nan tuo
Luhak Agam, Luak nan tangah
Luhak 50 Koto, Luak nan Bungsu
Undang-undang luhak ini mengatakan “ Luhak bapanghulu, rantau barajo”. Artinya kehidupan bermasyarakat dalam luhak nan tigo dipimpin oleh penghulu sebagai kepala adat dan lembaganya disebut ninik mamak. Sedangkan kehidupan bermasyarakat didaerah rantau dan pasisie dipimpin oleh rajo. Panghulu sebagai pemimpin di luhak nan tigo dipanggil dengan sebutan datuak. Sedangkan pemimpin di daerah rantau dan pasisie biasa dipanggil dengan sebutan rajo atau rang kayo, tetapi ada juga sebagian yang dipanggil dengan datuak.
5.2. Undang-Undang Nagari
Nagari adalah kesatuan masyarakat hukum adat yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat di Minangkabau. Sementara undang-undang nagari yaitu ketentuan adat yang mengatur tentang eksistensi dan syarat-syarat nagari sebagai kesatuan masyarakat hukum adat di Minangkabau. Undang-undang nagari menyatakan :
Urang gadih bakarek kuku, dikarek pisau sirawik
Parawik batuang tuonyo, batuang tuo ambiak ka lantai
Nagari baampek suku, dalam suku babuah paruik
Kampuang diagiah batuo, rumah diagiah batungganai.
Artinya setiap nagari sebagai kesatuan masyarakat hukum adat di Minangkabau minimal harus terdiri dari ampek suku, setiap suku dipimpin oleh seorang kapalo suku. Setiap suku terdiri dari beberapa buah paruik (keturunan menurut garis ibu) yang dipimpin oleh seorang ketua adat yang disebut penghulu dan sehari-hari dipanggil dengan datuak. Paruik sebagai kesatuan orang yang berketurunan darah menurut garis ibu mendiami beberapa buah kampuang, selanjutnya setiap kampuang terdiri atas beberapa buah rumah dan setiap rumah dipimpin oleh seorang pemimpin yang disebut tungganai rumah.
Selanjutnya sudah merupakan ketentuan adat di Minangkabau setiap nagari sebagai kesatuan masyarakat hukum adat baru syah diakui menjadi nagari kalau sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh undang-undang nagari tersebut yang berbunyi :
Basasok bajarami
Bapandam bapakuburan
Balabuah batapian
Bakorong bakampuang
Basawah baladang
Barumah batanggo
Babalai bamusajik.
Basasok Bajarami, artinya mempunyai tempat yang mula-mula didiami oleh kelompok keluarga / kaum disuatu daerah yang disebut taratak. Tujuannya agar anggota keluarga tersebut mengenal diri pribadi sebagai penduduk asli dan harus mencintai tumpah darahnya.
Bapandam bapakuburan, artinya kelompok tersebut mempunyai tempat berkubur jika ajal telah tiba. Setiap kaum di Minangkabau harus mempunyai pandam yaitu lokasi tempat berkubur bagi anggota kaum sedangkan kuburan adalah tanah/tempat untuk menanam mayat.
Balabuah batapian, balabuah artinya mempunyai jalan sebagai sarana perhubungan antara kampung dengan kampung, antara satu nagari dengan nagari lain. Batapian artinya mempunyai tempat khusus untuk mandi bagi laki-laki dan perempuan, yang terpisah antara yang satu dengan yang lain, dan sangat dilarang bercampur baur antara tempat mandi laki-laki dan tempat mandi perempuan.
Bakorong bakampuang, artinya ialah tempat pengelompokan suatu kaum dengan kaum lain. Masing-masing kaum berbeda keturunan dan berbeda pula pemimpinnya. Tujuan pengelompokan kaum ini adalah agar masing-masing kaum saling hormat menghormati, saling tolong menolong, saling hargai menghargai satu sama lain serta mengenal tingkah laku yang sumbang dan salah dalam pergaulan diantara mereka. Hal ini disebut dalam ketentuan adat “ guno korong tampek mahinggo sumbang jo salah, guno kampuang tampek mambate dago jo dagi”. Sumbang jo salah ialah tingkah laku yang menjurus kepada pelanggaran norma-norma susila dan tindak pidana, sedangkan dago jo dagi ialah tingkah laku yang menjurus kepada menentang limbago masyarakat yang syah seperti lembaga adat dan lembaga pemerintahan serta membuat kekacauan dan tindak pidana.
Basawah baladang, sawah dan ladang merupakan sumber perekonomian masyarakat guna kelanjutan kehidupan manusia. Karena Minangkabau merupakan daerah agraris maka, setiap warga masyarakat harus mempunyai sumber perekonomian untuk menjamin kelangsungan hidup mereka yaitu berupa sawah dan ladang.
Nenek moyang orang Minangkabau sejak dahulu kala telah menggariskan pola hidup agraris seperti ketentuan adat yang berbunyi, “sapakat niniak moyang nan balimo, Dt. Sri Maharajo, Dt. Perpatih Nan Sabatang, Dt. Katumanggungan jo Cati Bilang Pandai, mambuek sawah gadang satambang baniah, makanan urang tigo luak, dek pandai niniak baragiah, sampai kini baitu juo”. Ketentuan adat tersebut mengandung pengertian bahwa nenek moyang orang Minangkabau sejak dahulu kala telah sepakat bahwa sumber ekonomi yang utama adalah sektor pertanian, dengan dilambangkan oleh kata kias sawah gadang satampang baniah yang dihimpun dalam kaedah adat yang berbunyi, “batanam nan bapupuak mamaliharo nan banyawa” artinya sektor pertanian dan peternakan.
Barumah Batanggo, maksudnya setiap anggota keluarga dalam suatu nagari harus mempunyai tempat kediaman untuk tempat berlindung dan melangsungkan keturunan yang disebut rumah gadang. Rumah dilengkapi dengan jenjang/tangga tempat anggota keluarga menaikinya untuk masuk ke dalam rumah dan menuruninya untuk keluar dari rumah tersebut. (bajanjang naik, batanggo turun).
Besar dan kecilnya rumah gadang tersebut tergantung kepada jumlah anggota keluarga yang ada dalam kaum tersebut. Ada rumah gadang yang jumlah ruangannya 35 ruang, 17 ruang, 15 ruang, 9 ruang, 7 ruang, 5 ruang dan 3 ruang. Sebuah rumah gadang atau beberapa kelompok rumah gadang dipimpin oleh seorang pemimpin dari kaum yang mempunyai gelar (sako) yang diwarisi secara turun temurun sejak dahulu kala.
Babalai Bamusajik, artinya setiap nagari di Minangkabau harus mempunyai balai yaitu tempat dimana dilangsungkannya sidang/ pertemuan bagi pemangku adat yang ada dalam nagari tersebut. Balai ini disebut balairung. Disamping balairung ada tempat lain untuk melangsungkan pertemuan bagi pemangku adat yaitu mesjid, karena orang Minangkabau beragama Islam maka Setiap nagari harus mempunyai mesjid tempat menyelenggarakan ibadah umat Islam yang ada dalam nagari tersebut.
5.3. Undang-Undang Dalam Nagari
Undang-undang dalam nagari adalah ketentuan-ketentuan adat yang mengatur tentang hubungan antara anggota masyarakat yang menjadi warga suatu nagari ketentuan tersebut harus dipatuhi dan di taati oleh anggota warga nagari tersebut. agar terciptanya keamanan dan ketertiban serta kesejahteraan dalam masyarakat. Undang-undang dalam nagari ini mengatur masalah yang berkaitan dengan bidang sosial, ekonomi, keamanan/ketertiban, hukum serta agama.
a. Undang-undang dalam nagari yang berkaitan dengan bidang sosial contohnya :
Sasek suruik talangkah kambali, salah ditimbang utang babayai
Salah cotok malantiangkan, salah ambiak mangumbalikan
Utang dibayia piutang ditarimo
Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang
Kabukik samo mandaki, kalurah samo manurun
Tatungkuik samo makan tanah, tatilantang samo minum ambun
Tarapuang samo anyuik, tarandam samo basah.
Alek bapanggia, mati bajarambok
Kaba elok baimbauan, kaba buruak bahamburan
Panjang samo dikarek, senteng samo dibilai
Singkek samo diuleh, kurang samo ditukuak
Kok rusuah bapujuak, tagamang bajawek
Kok mandapek samo balabo, kehilangan samo marugi
Nan tuo dihormati, nan ketek dikasihani, samo gadang baok bakawan
Kamanakan saparintah mamak, mamak saparintah bana
Kamanakan manyambah lahia, mamak manyambah bathin.
Artinya dari pepatah adat diatas merupakan undang-undang dalam nagari yaitu Adat itu sangat menjujung tinggi prinsip kebersamaan dan kegotong royongan, hormat menghormati, tolong-menolong, Bantu membantu antar anggota masyarakat, sehingga ada rasa keterkaitan satu sama lain dalam mewujudkan kehidupan sosial masyarakat aman, tertib, dan harmonis secara bersama-sama.
b. Undang-undang dalam nagari yang berkaitan dengan bidang ekonomi :
sasukek duo baleh taie, dicupak mangko digantang
Nan lunak ditanam baniah, nan kareh dibuek ladang
Nan bancah palapeh itiak, ganangan katabek ikan
Bukik batu katambang ameh
Batanam nan bapucuak, mamaliharo nan banyawa
Karimbo babungo kayu, kasungai babungo pasie
Kalawik babungo karang, kasawah babungo padi
Katambang babungo ameh jo basi
Dek ameh sagalo kameh, dek padi sagalo jadi
Elok lenggang dinan data, rancak rarak dihari paneh
Ilang rono dek panyakik, ilang banso tak barameh.
Kok duduak marawik ranjau, kok tagak maninjau jarak
Hari sahari diparampek, malam samalam dipatigo
Namuah bajariah bausaho, namuah bapokok babalanjo
Asa lai angok-angok ikan, asa lai jio-jio patuang
Nan indak dicari juo
Artinya kehidupan ekonomi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan hidup, baik kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
c. Undang-undang dalam nagari yang berkaitan dengan bidang keamanan dan ketertiban :
Raso aia ka pamatang, raso minyak kakuali
Nan babungkuih rasan daun, nan bakabek rasan tali
Cadiak kampuang bapaga kampuang, cadiak suku bapaga suku
Cadiak nagari bapaga nagari, cadiak suku bapaga suku
Tarapuang samo anyuik, tarandam samo basah
Parang pusako samo dilipek, parang samun samo diadoi
Kok dianjak urang batu supadan, diubah urang kato pusako, dialiah urang kato nan bana.
Busuangkan dado ang buyuang, caliakkan tando laki-laki
Jan cameh darah taserak, jan takuik nyawa malayang
Basilang tombak dalam parang, sabalun aja bapantang mati
Baribu sabab mandatang, namun mati hanyo sakali.
Artinya setiap warga masyarakat, baik laki-laki ataupun perempuan mempunyai kewajiban dan tanggung jawab dalam menciptakan keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.
d. Undang-undang dalam nagari yang berkaitan dengan bidang hukum menyatakan :
Kusuik disalasaikan, karuah dijaniahkan
Usua dipamain, cabua dibuang
Hukum adia katonyo bana, indak buliah bapihak-pihak
Indak buluih bakatian kiri, luruih bana dipegang sungguah
Tibo dimato indak dipiciangkan
Tibo didado indak dibusuangkan
Tibo diparuik indak dikampihkan
Bak maelo rambuik dalam tapuang, bak mamalu ula dalam baniah
Baniah tak leco tanah tak lambang, panokok tak patah, namun ula mati juo
Salah cotok malantiang, salah ambiak mangumbalikan
Salah kamanusia minta maaf, salah ka Tuhan minta Tobat
Kusuik bulu paruah manyalasaikan, kusuik banang dicari ujuang jo pangka
Kusuik rambuik dicari minyak jo sikek, kusuik sarang tampuo api manyudahi.
Artinya setiap anggota masyarakat tanpa kecuali harus tunduk dan taat pada hukum dan berkewajiban pula untuk memeliharanya. Dalam pelaksanaanya setiap perkara / sengketa harus diselesaikan secara adil sesuai dengan adat yang berlaku.
e. Undang-undang nagari yang berkaitan dengan bidang agama / syarak mengatakan :
Simuncak mati tarambau
Kaladang mambaok ladiang
Lukolah pao kaduonyo
Adat jo syarak di Minangkabau
Umpamo aua jo tabiang
Sanda manyanda kaduonyo
Pariangan manjadi tampuik tangkai
Pagaruyuang pusek tanah datar
Tigo luak urang mangatokan
Adat jo syarak kok bacarai
Tampek bagantuang nanlah sakah
Bakeh bapijak nan lah taban.
Tasindorong jajak manurun, tatukiak jajak mandaki
Adat jo syarak kok tasusun, bumi sanang padi manjadi
Gantang dibodi caniago, cupak di koto rang piliang
Dunia sudah kiamat tibo, labuah luruih jalan basimpang
Limbago jalan batampuah, itu nan utang ninik mamak
Sarugo di Iman taguah, narako dilaku awak.
Artinya demikian pentingnya peranan Agama dalam kehidupan bermsyarakat di Minangkabau. Agama Islam (Syarak) dan adat merupakan pedoman dan pegangan hidup di Minangkabau yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, oleh sebab itu setiap warga masayrakat di Minangkabau harus taat kepada ketentuan adat dan agama.
5.4. Undang-Undang Nan 20
Undang-undang Nan 20 adalah undang-undang yang mengatur masalah pelanggaran dan kesalahan serta kejahatan terhadap ketentuan hidup bermasyarakat di Minangkabau yang dilakukan oleh anggota masyarakat. Misalnya, pencurian, perampokan, pembunuhan dan sebagainya. Undang-undang Nan 20 ini secara garis besar terbagi atas 2 bahagian yaitu :
a. Tunduah Nan Bakatunggangan
b. Cemoh Nan Bakadaan

a. Tuduah Nan Bakatunggangan artinya, seseorang patut diduga telah melakukan suatu pelanggaran hukum, tetapi belum dapat ditahan atau dihukum karena belum ada bukti yang membenarkan. Tuduah nan bakatunggangan ini terdiri dari 12 macam, (tigo kali ampek) disebut juga dengan undang-undang nan 12 yaitu :
1. Anggang lalu atah jatuah
2. Pulang pagi babasa- basa
3. Bajalan bagageh-gageh
4. Kacondongan mato rang banyak
5. Dibaok ribuik dibaok angin
6. Dibaok pikek dibaok langau
7. Bajua bamurah-murah
8. Batimbang jawab ditanyoi
9. Tasindorong jajak manurun
10. Tatukiak jajak mandaki
11. Lah bauriah bak sipasan
12. Lah bajajak bak bakiak
b.Cemoh Nan Bakaadan adalah seseorang yang dituduh melakukan pelanggaran hukum dan telah mengakui pelanggaran atau kejahatan yang dilakukannya serta telah jelas pula ketentuan adat yang dilanggarnya. Karena cemoh nan bakaadan ini ada 8 macam disebut juga dengan undang-undang nan salapan, (dua kali ampek) yaitu :
1. Dago-dago mambari malu
2. Sumbang salah laku parangai
3. Samun saka tagak dibateh
4. Umbuak umbai budi marangkak
5. Curi maliang taluang dindiang
6. Tikam bunuah padang badarah
7. Sia baka sabatang suluah
8. Upeh racun batabuang sayak.
6. Cupak Adat
Cupak adalah salah satu alat ukur atau alat untuk menakar beras di Minangkabau yang terbuat dari seruas bambu yang isinya terdiri dari 12 genggam beras. Sedang cupak adat adalah alat ukur (aturan-aturan) adat yang mengatur tentang tata cara bergaul dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat di Minangkabau.
Cupak adat itu terdiri dari 4 macam yaitu :
6.1. Cupak Usali (Asli)
Cupak Usali adalah aturan atau ukuran-ukuran yang harus dijadikan dasar untuk menyelesaikan sengketa antara pihak yang bersengketa yang bersumber kepada kitabullah dan sunah rasul. Seorang hakim dalam menyelesaikan suatu sengketa harus menjatuhkan keputusan yang seadil-adilnya seperti kata adat : “mahukum adia, bakato bana, indak buliah bapihak-pihak, indak bakatian kiri luruih bana dipegang sungguah”.
6.2. Cupak Buatan
Cupak buatan adalah aturan yang disusun oleh Dt. Perpatih Nan Sabatang, dan Dt. Katemanggungan berupa aturan “adat nan kawi, syarak nan lazim, cupak nan balupak, limbago nan balukih”.
Ketentuan ini menyatakan bahwa untuk menyelesaikan suatu sengketa harus diikuti ketentuan adat yang berbunyi :
“Tibo di mato indak dipiciangkan, tibo didado indak dibusuangkan, tibo diparuik indak dikampihkan. Indak buliah bapihak-pihak, indak buliah bakatiah kiri, luruih bana dipegang sungguah”.
6.3. Cupak Tiruan
Cupak tiruan adalah sesuatu yang disukai oleh manusia pada umumnya, seperti permainan, alat pamenan, pakaian yang baik, istri yang cantik.
6.4. Cupak Nan Piawai
Cupak Nan Piawai adalah sesuatu yang disukai oleh setiap manusia dalam mencapai tujuan hidup, seperti kehidupan yang bahagia, ekonomi yang cukup, terciptanya keamanan dan ketertiban dalam masyarakat yang disebut dalam adat, “Batanam nan bapucuak, mamaliharo nan banyawa”. Kesejahteraan suatu keluarga dan masyarakat sangat ditentukan oleh perekonomian yang baik. Di Minangkabau dikenal dengan perekonomian pertanian, perkebunan, peternakan dan sebagainya.
7. Hutang Penghulu Nan Ampek
Seorang penghulu atau ninik mamak yang telah dipilih berdasarkan musyawarah dan mufakat diantara anak kemenakan dalam lingkuang cupak adat dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan, baik dalam lingkungan kaum, maupun dalam lingkungan korong kampung dan nagari, mempunyai empat tugas pokok yang dalam adat Minangkabau disebut dengan ”hutang penghulu nan ampek” yakni :
7.1. Manuruik Alua Nan Luruih
Maksudnya seorang penghulu / ninik mamak dalam menjalankan tugasnya memimpin anak kemenakan harus menurut garis-garis kebenaran yang bertujuan untuk kebenaran dan tidak dibenarkan menyimpang dari kebenaran (alua nan luruih). Alua (alur) adalah kebenaran yang dapat dibuktikan kebenarannya, sepertinya kata adat :
Luruih Manahan tiliak, balabeh Manahan cubo
Bantuak dimakan siku-siku, ameh batua Manahan uji
Taraju nan indak bapaliang, hukum adia Manahan bandiang.
Jadi seorang penghulu sebagai pemimpin, perbuatan dan perkataan serta sikap dan tingkah lakunya harus selalu dalam kebenaran (bajalan tatap dinan pasa, bakato tatap dinan bana).
Seseorang penghulu dalam menyelesaikan suatu sengketa diantara anak kemenakan harus berlaku adil, tidak boleh berat sebelah (berpihak-pihak). Ajaran adat tentang menegakkan keadilan dan kebenaran ini menyatakan :
Baruak dirimbo disusukan, anak dipangku dicampakkan
Kato bana dianjak tidak, luruih bana dipegang sungguah
Manyawuak diilia-ilia, bakato dibawah-bawah.
Kok dianjak urang batu supadan
Diubah urang kato pusako
Dialiah urang kato nan bana
Busuangkan dado ang buyuang, jan cameh darah taserak
Basilang tombak dalam parang, sabalun aja bapantang mati
Nan bana dirubah tidak
Baribu sabab mandating, namun mati hanyo sakali.
7.2. Manampuah Jalan Nan Pasa
Seorang penghulu /niniak mamak dalam menjalankan kepemimpinannya harus senantiasa menurut tata cara (ketentuan) dan prosedur yang telah ditetapkan oleh adat dan syarak (agama).
Yang dimaksud Jalan nan pasa dalam adat Minangkabau ialah ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam kehidupan bermasyarakat di Minangkabau. Jalan nan pasa tersebut ada 2 macam jalan dunia dan jalan akhirat, jalan dunia terdiri dari 4 macam yaitu : Baadat, Balimbago, Bacupak, Bagantang. Sedangkan jalan akhirat juga ada empat macam yaitu : Iman, Islam, Tauhid, dan Makrifat.
Tegasnya seorang penghulu/Niniak mamak dalam kehidupan bermasyarakat kaum, korong, kampuang dan nagari harus berpedoman kepada ketentuan adat dan syarak (Agama Islam).
7.3. Mamaliharo Harato Pusako
Seorang penghulu /niniak mamak sebagai pemimpin dalam kaumnya harus senantiasa memelihara harta pusaka yang merupakan kekayaan kaum demi untuk menjaga kelangsungan hidup anak kemenakan yang ada dalam kaumnya.
Harta pusaka disamping merupakan sumber perekonomian bagi anak kemenakan, juga berfungsi sebagai tempat berdiam hidup dan berkembang. Dalam wilayah harta pusaka inilah daerah kekuasaan seorang penghulu. Jadi kalau harta pusaka atau wilayah sudah habis, maka habis pulalah kekuasaan seorang penghulu, habis pulalah wilayah tempat anak kemenakan melangsungkan hidup dan kehidupannya. Dalam hubungan ini, tidak dibenarkan seorang penghulu/niniak mamak melakukan jual beli atas harta pusaka yang dimiliki kaumnya. Karena akibat dari jual beli akan mengurangi wilayah suatu kaum.
Jadi pengertian memelihara harta pusaka maksudnya adalah seseorang penghulu harus senantiasa berusaha agar harta pusaka, baik kualitas maupun kwantitasnya tidak boleh berkurang, bahkan sebaliknya harus diusahakan agar harta pusaka itu makin berkembang (bertambah) karena dari waktu ke waktu jumlah anak kemenakan cenderung bertambah pula jumlahnya. Ajaran adat tentang kewajiban memelihara harta pusaka ini manyatakan :
Sawah nan bapiriang, ladang nan babidang
Banda nan baliku, padang nan babateh
Kaateh tatambun jantan, kabawah takasiak bulan
Niniak mamak punyo ulayat.
Kok sumbiang ditiliak, kok kurang batukuak
Runtuah banaikkan, rusak di pabaiki
Jua indak dimakan bali, sando indak dimakan gadai
Manah jan hilang, suku jan baranjak, bangso jan putuih,
Jan harato tajua tagadaikan, rusak adat karanonyo
7.4. Mamalilharo Anak Kamanakan
Memelihara anak kemenakan adalah tugas paling utama seorang penghulu disamping tugas-tugas pokok lainnya. Memelihara anak kemenakan kepada kesempurnaan hidup lahir dan bathin, mental spiritual, jasmani dan rohani, sehingga anak kemenakan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas lahir dan bathin. Tentang hal ini adat mengatakan :
Kaluak paku kacang balimbiang
Tampuruang lenggang lengokkan
Baok manurun kasaruaso
Tanamlah siriah jo ureknyo
Anak dipangku kamanakan dibimbiang
Urang kampuang di patenggangkan
Tenggang nagari jan binaso
Tenggang sarato jo adatnyo

Hanyuik bapinteh hilang bacari
Tarapuang bakaik tabanam basalami
Usua dipamain, cabuah di buang
Siang bacaliak-caliak malam didanga-dangakan
Kamanakan disambah bathin, mamak disambah lahia
Lupo baingekkan, takalok bajagokan
Senteang babilai, kurang batukuak
Panjang bakarek, singkek bauleh
Jauh di kandano, dakek diulanngi

8. Sifat Penghulu Nan Ampek
Seorang penghulu / niniak mamak sebagai pemimpin dalam lingkungan kaum suku, korong kampuang dan nagari Minangkabau harus mempunyai beberapa persyaratan khusus berupa sifat-sifat yang baik yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Dalam ajaran adat Minangkabau seorang penguhulu / ninik mamak harus memiliki 4 sifat utama yang merujuk kepada sifat kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW, yang disebut dengan Sifat penghulu nan ampek yaitu :
8.1. Siddik (Bana / Benar)
Seorang penghulu /ninik mamak sebagai seorang pemimpin mutlak harus memiliki sifat yang benar (siddik), karena ia merupakan panutan oleh anak kemenakan, makanya seorang penghulu dalam berfikir, berbuat, dan bertingkah laku harus benar. Tidak boleh seorang penghulu memiliki sifat bohong dan dusta, karena kepadanya diserahkan segala persoalan hidup anak kemenakan, baik lahir maupun bathin.
Seorang penghulu yang tidak benar pasti akan mempergunakan kepemimpinan untuk hal yang tidak benar, yang bertentangan dengan ketentuan adat dan syarak di Minangkabau. Kalau seorang penghulu yang tidak memiliki sifat siddik ini maka dia tidak berhak untuk menjadi penghulu / ninik mamak, karena kebenaran itu adalah syarak mutlak bagi seorang penghulu/ninik mamak di Minangkabau. Kaedah adat tentang hal ini menyatakan :
Bajalan luruih bakato bana
Jalan luruih alua tarantang
Luruihnyo Manahan tiliak
Balabeh Manahan cubo
Bantuak dimakan siku-siku.
Basilang tombak dalam parang
Baribu batu panarung
Parik tabantang manghalangi
Tatagak paga nan kokoh
Badindiang sampai kalangik
Baampang sampai ka subarang
Namun bana dianjak tidak.
8.2. Tabligh (Menyampaikan)
Sebagai pemimpin terhadap anak kemenakan, penghulu harus mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dengan anak kemenakan yang dipimpinnya. Dalam menjalankan tugasnya memelihara anak kemenakan agar terhindar dari perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan adat dan agama, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangat diperlukan oleh seorang penghulu, kalau tidak seorang penghulu akan mengalami kegagalan dalam menjalankan tugasnya untuk memelihara anak kemenakan menjadi manusia yang baik dan berbudi pekerti yang tinggi.
Demikian pula halnya dalam kehidupan berkorong berkampung, basuku dan banagari, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangat diperlukan oleh seorang penghulu, kalau tidak bagaimana mungkin seorang penghulu akan dapat memperjuangkan kepentingan anak kemenakan dan kaumnya dalam kehidupan berkorong berkampung dan bernagari.
8.3. Amanah (dipercaya)
Seseorang dipilih menjadi penghulu untuk memimpin kaumnya diseleksi dari seluruh anak kemenakan yang berhak menurut adat, yaitu yang mempunyai kepribadian yang baik dan sempurna serta mempunyai sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin. Dengan kata lain dia harus dipercaya lahir dan bathin oleh seluruh anggota kaum dan sudah barang tentu timbul dari pancaran kepribadian yang baik yang dimilikinya. Tanpa kepercayaan dari anggota kaum, maka seorang penguhulu akan mengalami kegagalan dalam memimpin anak kemenakan yang ada dalam kaumnya., Untuk itu seorang penghulu yang telah mendapat kepercayaan dari anak kemenakannya harus mampu menjaga dan memelihara kepercayaan yang diberikan tersebut, yaitu dengan cara menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan adat dan syarak di Minangkabau.
8.4. Fathonah (Cerdas)
Disamping sifat seperti yang telah diuraikan diatas, sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang penghulu yaitu harus mempunyai kecerdasan, seorang penghulu harus mempunyai ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas serta harus memahami dan mengetahui tentang seluk beluk adat Minangkabau basandi Syarak. Tanpa kecerdasan sangat mustahil seorang akan dipercaya untuk mampu memimpin kaum, suku, korong, kampuang dan nagari. Dia akan gagal dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai seorang pemimpin. Seluruh kecerdasan yang dimiliki oleh seorang penghulu dipergunakan untuk melindungi anak kemenakan suku, korong kampuang dan nagarinya seperti yang dikatakan oleh ungkapan adat :
Kaluak paku kacang balimbiang
Tampuruang lenggang lenggokkan
Baok manurun ka saruaso
Tanamlah siriah jo ureknyo
Anak dipangku kamanakan dibimbiang
Urang kampuang dipatenggangkan
Tenggang nagari jan binaso
Tenggang sarato jo adatnyo.

9. Macam Penghulu Nan Ampek
Dilihat dari segi sifat dan tingkah laku (perangai) yang dimiliki oleh seorang penghulu di Minangkabau di bagi atas 4 macam yaitu :
9.1. Penghulu
Seorang penghulu / ninik mamak harus memiliki sifat dan tingkah laku serta kepribadian sesuai dengan sifat dan tingkah laku sebagaimana yang diinginkan oleh adat. Tipe penghulu yang ideal yang diinginkan oleh adat adalah penghulu yang mempunyai sifat-sifat kesempurnaan. Penghulu yang seperti ini diungkapkan dalam ketentuan adat yang berbunyi “Penghulu bak ibarat kayu gadang ditangah koto”. Tinggi nan tampak jauah,
Dakek jolong basuo
Ureknyo tampek baselo,
Batangnyo tampek basanda
Daunnya tampek balinduang
Tampek balinduang kapanasan
Tampek bataduah kahujanan
Dahannyo tampek bagantuang
Daunnyo rimbun dek adat
Buahnyo kato nan bana
Kapai tampek batanyo
Kapulang tampek babarito.
Artinya tingkah laku (carakter) serta sifat yang di miliki oleh penghulu tersebut tercermin budi pekerti yang mulia, mampu menjaga martabatnya sebagai pemimpin, melakukan tugas kewajibannya dengan baik sesuai dengan ketentuan adat. Dari carakter penghulu seperti ini diharapkan lahir anak kemenakan yang berkualitas demi untuk memimpin kaum, korong/kampuang dan nagari, karena didik dan dibimbing oleh pemimpin yang berkualitas.
9.2. Pangaluah (Pengeluh, suka mengeluh)
Yaitu penghulu yang sifatnya suka mengelu/tidak sabar dan pencemas, serta putus asa, sebagai refleksi dari ketidak mampuannya dalam memimpin anak kemenakan. Penghulu seperti ini tidak akan mampu menyelesaikan bermacam-macam persoalan yang timbul dalam kehidupan anak kemenakan (kaum), begitu pula dalam kehidupan suku, korong kampuang dan nagari. Tipe atau karakter penghulu seperti ini tidak diinginkan oleh adat minang kabau.
9.3. Pengalah (Pangalah, Suka mengalah)
Yaitu penghulu / ninik mamak yang tidak mempunyai kepercayaan diri (tidak punya pendirian) karena lemahnya pengetahuan yang dimiliki, baik pengetahuan adat dan agama maupun pengetahuan umum lainnya. Penghulu seperti ini tidak memahami hak dan kewajiban terhadap anak kemenakan, apalagi terhadap suku, korong kampuang dan nagari. Ia tidak pantas untuk kapai tampek batanyo, kapulang tampek babarito oleh anak kemenakanya, apalagi oleh anggota/warga suku, korong kampuang dan nagari. Penghulu seperti ini tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin / penghulu. Pada umumnya penghulu seperti ini tidak mempunyai kemampuan untuk berbicara (berkomunikasi) dengan anak kemenakan, padahal kemampuan untuk berkomunikasi ini merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang penghulu.
Dalam pertemuan-pertemuan dan musyawarah yang dilakukan dalam lingkungan korong kampuang dan nagari, penghulu seperti ini cenderung jadi pengikut pendapat orang banyak, karena tidak punya pendirian. Penghulu yang mempunyai sifat suka mengalah ini, tidak pantas untuk menjadi pemimpin dalam kaumnya, apalagi dilingkungan korong kampuang dan nagari.
9.4. Pangelah (Pangelah, Suka mengabaikan tanggung jawab)
Penghulu pangelah ini tidak jauh berbeda dengan penghulu pengalah, sifat yang menonjol dimiliki oleh penghulu seperti ini adalah suka mengabaikan tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin. Ia cenderung egois, suka mementingkan kepentingan pribadi dan mengabaikan kepentingan anak kemenakan. Penghulu seperti ini tidak akan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pemimpin baik dilingkungan kaum (anak kemenakan) maupun dilingkungan korong/ kampuang dan nagari.
10. Kesalahan Besar Seorang Penghulu
Meskipun proses pemilihan seorang penghulu/ninik mamak sudah dilakukan dengan mekanisme dan persyaratan yang sangat ketat dan selektif sekali guna memperoleh pemimpin yang berkualitas, namun sebagai manusia seorang penghulu / ninik mamak tetap tidak luput dari kesalahan dan kekilafan. Disadari atau tidak ada kesalahan penghulu dan Ninik Mamak yang dinilai ringan dan dapat ditolerir dan ada pula kesalahan yang besar yang tidak boleh dilakukan oleh seorang penghulu / ninik mamak. Kesalahan yang besar itu kalau dilakukan oleh seorang penghulu/ ninik mamak maka konsekwensinya menurut adat akan diberhentikan dari jabatannya sebagai seorang penghulu (puntuang diambuih). Adat mengatakan :
Diturunkan dari pangkeknyo
Dijatuahkan dari kemuliannyo
Kok gadiang dipiyuah
Balangnyo dikikih.
Adapun 4 kesalahan besar yang tidak boleh dilakukan seorang penghulu atau ninik mamak menurut adat yaitu :
10.1. Tapasuntiang Dibungo Kambang
Yang dimaksud dengan tapasuntiang di bungo kambang yaitu suatu kesalahan yang dilakukan seorang penghulu karena mengawini seorang perempuan yang sedang bersuami

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau Jumlah populasi kurang lebih 7 juta(2000 Kawasan dengan jumlah penduduk yang signifikan Sumatra Barat, Indonesia: 3...